In House Clinic, Klinik Perusahaan di Tempat Kerja

Apa Itu In House Clinic?

In House Clinic atau Klinik Perusahaan adalah klinik yang berlokasi di area perusahaan yang berfungsi untuk memberikan pelayanan kesehatan secara eksklusif bagi para pekerja.

In house clinic ini merupakan salah satu bentuk penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) oleh perusahaan. K3 sangat penting untuk diterapkan pada perusahaan yang aktivitasnya memiliki potensi bahaya bagi para pekerjanya, seperti misalnya perusahaan pertambangan, perminyakan, manufaktur, hingga infrastruktur.

Di tempat kerja, kesehatan dan keselamatan pekerja menjadi tanggung jawab perusahaan. Oleh karenanya, kinik perusahaan ini penting untuk memberikan pertolongan pertama jika ada pekerja yang mengalami gangguan kesehatan atau kecelakaan.

Namun, jika kemudian kondisi medis pekerja dinilai memerlukan perawatan yang lebih intensif, maka pekerja akan dirujuk ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang lebih lengkap.

Manfaat Dari Adanya In House Clinic atau Klinik Perusahaan

Klinik perusahaan dapat memberikan berbagai manfaat, baik untuk pekerja maupun perusahaan. Berikut beberapa manfaat dari in house clinic:

  1. Pekerja bisa mendapatkan layanan kesehatan dengan mudah dan cepat, sehingga meminimalisir dampak kesehatan atau kecelakaan yang dialami.
  2. Pertolongan pertama dilakukan oleh tenaga medis yang berpengalaman, sehingga penanganan yang dilakukan tepat dan sesuai dengan kondisi pekerja.
  3. Adanya stok obat-obatan yang memadai dan mudah diakses untuk mengobati pekerja.
  4. Terdapat stok obat-obatan yang mudah diakses.
  5. Dengan lokasinya yang dekat dengan tempat kerja, produktivitas kerja para pekerja dapat terjaga. Hal ini akan dirasakan terutama bagi perusahaan yang aktivitasnya berada di lokasi yang jauh dari perkotaan.
  6. Berperan sebagai pusat informasi kesehatan perusahaan yang dapat menganalisa dan memberi penyuluhan terkait masalah kesehatan di perusahaan.
  7. Biaya kesehatan perusahaan dapat diminimalkan dan lebih terprediksi.
  8. Menjadi nilai tambah perusahaan dalam merekrut karyawan baru.

Pendirian Klinik oleh Perusahaan

Meskipun klinik digunakan untuk memberikan pelayanan khusus pekerja perusahaan, namun pendiriannya tetap harus memenuhi berbagai persyaratan. Peraturan ini tercakup pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2021 tentang standar kegiatan usaha dan produk pada penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis risiko sektor kesehatan.

Pada umumnya, ada tiga pilihan yang dimiliki perusahaan dalam menyelenggarakan klinik perusahaan, yaitu:

  • Diselenggarakan secara mandiri oleh perusahaan;
  • Diselenggarakan oleh perusahaan dengan bekerja sama dengan penyedia layanan kesehatan di luar perusahaan;
  • Penyelenggaraan klinik perusahaan secara bersama-sama dengan beberapa perusahaan lainnya yang lokasinya berdekatan.

Dari ketiga pilihan di atas, bekerja sama dengan penyedia layanan kesehatan merupakan pilihan yang paling mudah dilakukan. Hal ini dikarenakan penyedia layanan kesehatan sudah memiliki pengalaman dan keahlian di bidang ini, sehingga perusahaan tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mendirikan klinik sendiri.

Apa yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Penyedia Layanan In House Clinic atau Klinik Perusahaan?

Dengan bekerja sama dengan penyedia layanan, perusahaan dapat menyelenggarakan klinik perusahaan dengan lebih baik dan mudah. Meski demikian, penting juga untuk menyeleksi penyedia layanan agar perusahaan Anda mendapatkan layanan kesehatan terbaik.

Berikut beberapa hal yang bisa diperhatikan dalam memilih penyedia layanan in house clinic:

1. Siapa yang Memimpin Klinik?

Ada dua jenis model klinik berdasarkan pemimpinnya, yaitu klinik yang dipimpin dokter dan klinik yang dipimpin perawat. Meskipun perawat juga memiliki keahlian dan pengalaman dalam menangani masalah medis, namun klinik yang dipimpin dokter memiliki fungsionalitas yang lebih baik.

Hal ini dikarenakan dokter menawarkan cakupan perawatan yang lebih luas dibanding perawat. Oleh karenanya, jika klinik perusahaan Anda dipimpin oleh dokter, maka ada lebih banyak jenis penyakit yang bisa ditanganinya, terutama penyakit kronis.

Jika in house clinic yang ingin Anda buat memiliki tujuan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit pekerja, maka sebaiknya klinik dipimpin oleh dokter yang cakupan perawatannya lebih luas.

2. Apa Ruang Lingkup Layanan In House Clinic?

Meskipun tujuan utama dari didirikannya klinik perusahaan adalah untuk memberikan pengobatan pada pekerja, namun akan lebih baik lagi jika penyedia layanan juga memberikan layanan yang lebih komprehensif untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan produktivitas pekerja.

Sebagai contoh, in house clinic juga dapat memberikan perencanaan untuk mengelola kondisi tempat kerja agar lebih sehat, melakukan upaya pencegahan penyebaran penyakit di tempat kerja, hingga memberikan inisiatif agar kesehatan dan produktivitas pekerja meningkat.

3. Bagaimana Metode Penghitungan Biaya Layanan In House Clinic?

Dalam penghitungan biaya penyediaan layanan in house clinic, ada dua metode yang umumnya ditawarkan. Metode pertama adalah metode cost-plus, yaitu metode penghitungan biaya, di mana biaya per bulan yang harus dibayarkan rendah, namun perusahaan masih harus membayar biaya sesuai dengan jumlah pasien dan pelayanan yang diberikan pada tiap pekerja.

Metode kedua adalah metode fixed-fee, yaitu metode penghitungan biaya di mana hampir semua biaya sudah dibebankan di biaya bulanan. Hal ini membuat biaya bulanan terlihat lebih besar, namun biaya tambahan yang harus dibayarkan tidaklah banyak.

Kedua metode ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karenanya, pastikan metode yang digunakan sesuai dengan kondisi perusahaan Anda.

4. Apakah Karyawan Harus Membayar untuk Menggunakan Klinik Perusahaan?

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah bagaimana klinik perusahaan membebankan biaya perawatan pada pekerja. Ini merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, karena kenyamanan pekerja perlu diutamakan agar klinik perusahaan dapat beroperasi dengan optimal.

Dalam memilih vendor in house clinic, usahakan vendor mengalokasikan sebagian biaya pasien ke dalam biaya tetap bulanan yang harus dibayarkan perusahaan.

5. Bagaimana Vendor Menjamin Kinerja Klinik?

Untuk memastikan kualitas kinerja klinik terjaga, diperlukan adanya jaminan kinerja klinik. Oleh karenanya, Anda sebaiknya memahami bagaimana penyedia layanan klinik perusahaan memberikan jaminan kinerja, dan apa yang dijaminkan.

Oleh karenanya, Anda dapat mengerti bagaimana cara menentukan baik buruknya kinerja klinik, apa jaminan yang diberikan, serta berapa banyak jaminan yang diberikan. Dengan demikian, Anda bisa memahami sejauh mana vendor merasa yakin bahwa layanannya berkualitas tinggi dan baik.

Membangun Klinik Perusahaan atau In House Clinic bersama ER Indonesia

Itulah berbagai pertimbangan yang dapat dipahami sebelum membuat klinik perusahaan. Secara umum, klinik perusahaan sangat bermanfaat baik untuk pekerja maupun untuk perusahaan itu sendiri.

Emergency Response Indonesia (ER Indonesia) merupakan bagian dari Bunda Hospital Group Jakarta yang siap untuk membantu proses evakuasi medis dengan berbagai pilihan layanan yang sesuai untuk Anda.

ER Indonesia menyediakan layanan in house clinic atau klinik perusahaan yang akan membantu perusahaan Anda menyediakan layanan kesehatan komprehensif yang mendukung kualitas kesehatan dan keselamatan pekerja, serta kinerja perusahaan.

Jika Anda membutuhkan konsultasi atau informasi lebih lanjut mengenai layanan ini, segera hubungi Tim ER Indonesia sekarang!

Untuk informasi layanan kami secara lebih rinci, silakan kunjungi halaman layanan evakuasi medis kami.

0 Komentar