Ini yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gawat Darurat Medis di Rumah

oleh | Sep 21, 2021 | Info & Tips | 0 Komentar

Berada dalam situasi di mana hidup Anda atau hidup orang lain terancam bukanlah situasi yang kita inginkan. Kebanyakan dari kita menghindari membicarakan situasi seperti itu. Namun, percakapan tentang keadaan darurat medis itu penting, jadi jika terjadi sesuatu, Anda siap dan mengetahui apa yang harus dilakukan. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan ketika keadaan darurat medis terjadi di rumah!

 

1. Tetap Tenang

Ketika keadaan darurat terjadi, sangat mudah untuk mengikuti naluri dan kepanikan kita. Penting bagi kita untuk tetap tenang sehingga kita dapat membantu diri kita sendiri atau membantu orang lain yang membutuhkan.

 

2. Cek Kesadaran

Pertama, Anda harus cek kesadaran pasien. Caranya adalah dengan menepuk pundak. Jika tidak ada respon, Anda bisa memberikan rangsangan seperti mencubit pasien. Jika masih tidak ada respons, segeralah panggil bantuan. 

 

3. Panggil Bantuan Medis

Segera panggil bantuan medis. Semakin cepat memanggil bantuan, semakin cepat paramedis bisa menyelamatkan nyawa pasien yang terancam. 

 

4. Perhatikan Keadaan Pasien

Sambil menunggu bantuan medis tiba di lokasi, Anda tetap harus memperhatikan keadaan pasien. Selalu cek apakah pasien masih bernapas dengan mendengarkan apakah masih ada suara hembusan nafas. Jika ada pendarahan, pastikan tekan luka dengan baju, kain atau hal hal lain yang ada disekitar yang bisa menyumbat keluarnya darah. 

 

Itulah hal-hal dasar yang perlu dilakukan pada saat terjadi situasi gawat darurat di rumah. Namun hal yang paling penting adalah mendapatkan penangan medis yang tepat dan akurat agar tak mengakibatkan hal yang tidak diinginkan. 

Oleh karena itu, segera melakukan panggilan kepada ER. ER Indonesia dapat pelayanan evakuasi medis 24/7 dan Anda tidak perlu khawatir karena kami selalu respon dengan cepat. Dengan dukungan tim medis berpengalaman dan alat medis lengkap, kami siap menyelamatkan pasien yang mengalami situasi darurat.

 

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.